Breaking News
karnaval lasem
Karnaval Lasem dari Masa ke Masa

Karnaval Lasem dari Masa ke Masa

vakantie.id – Karnaval lasem dari masa ke masa. Pasukan bersenjata tombak membentuk barisan di pelataran Masjid Agung Lasem. Mengatur formasi tiga berbanjar, mereka siap memerankan prajurit Jawa pada zaman Kerajaan Pajang. Mengikuti di belakangnya, parade pakaian putih-putih bernuansa Islam mengusung peran yang tak kalah menarik. Itu Lasem pada zaman kerajaan Islam.

“Karnaval Lasem dari Masa ke Masa” adalah tajuk parade budaya yang dilaksanakan di kota Lasem, Jumat siang pada pertengahan Oktober 2013. Karnaval ini mengambil rute dari Masjid Agung Lasem menuju kampung Karangturi di sebelah selatan masjid. Jalannya karnaval yang dikuti ratusan peserta dari berbagai sekolah berlangsung meriah.

Acara karnaval dibuka oleh Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo, dua jam setelah shalat Jumat. Ganjar yang siang itu menggunakan pakaian berwarna merah, membentangkan bendera sebagai tanda dimulainya acara karnaval.

Sebelum parade karnaval dibuka, Ganjar memuji kota Lasem sebagai kota yang kaya akan sejarah dan budaya. Menurut Ganjar, Lasem adalah salah satu contoh kota yang masyarakatnya mampu menjalankan hubungan harmonis antar kelompok masyarakat dengan latar belakang budaya yang berbeda. Di kota Lasem, akulturasi antara budaya Tionghoa dan Jawa terasa sangat kuat.

Check Also

Milenial pun Lirik Destinasi Museum

Minggu siang itu, Museum Sumpah Pemuda di Jalan Kramat Raya, Jakarta, ramai pengunjung. vakantie.id – …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.