Breaking News
Home / Destinations / Mitos Pantai Cantik Pulau Dewata

Mitos Pantai Cantik Pulau Dewata

Tidak diketahui persis siapa yang mengabarkan kecantikan pantai di Bali hingga sebegitu mashur. Tidak diketahui persis kapan pantai-pantai itu menjadi idola semua orang. Namun, pantai-pantai itu seperti hidup. Mereka bernafas, melewati setiap mitos demi mitos yang dibuat demi kepentingan manusia.

Pariwisata Bali

Bali adalah salah satu kiblat pelancong dunia. Dimulai sejak tahun 1579, ketika Cornelis de Houtman mengelilingi Nusantara. Hingga kemudian makin semarak pada tahun 1920-an, ketika banyak wisatawan Eropa berlibur ke Bali memanfaatkan kapal-kapal dagang Belanda, Koninklijke Paketcart Maatsckapy. Baginya Bali adalah The Island of God.

Di mata internasional, nama Bali terkenal sejak tahun 1932.Ketika itu, rombongan Legong Peliatan melanglang ke sejumlah negara di Eropa dan Amerika menampilkan tariannya. Sejak itu, hingga puncaknya di tahun 60-an merebaklah kawasan hotel dan penginapan seperti, Hotel Bali Beach dan banyak pansion-pansion di kawasan Kuta maupun Legian.

Kini, pulau ini telah sedemikian pesatnya melihat pariwisata sebagai pusat geliat hidup. Peresmian Ngurah Rai sebagai bandara internasional di tahun 1978, pembangunan Tol Atas Laut Mandara sepanjang 12,5 km yang menghubungan Nusa Dua, Ngurah Rai, dan Benoa serta dukungan sebesar-besarnya pada pembukaan dan pengelolaan destinasi baru dengan kerja sama dengan investor merupakan program utama di beberapa dekade terakhir.

Setelah Pantai Dreamland dan Nusa Dua yang sebelumnya sepi lirikan pengunjung, kini keduanya justru tampak seperti surga baru yang lebih dari sekadar indah dan eksotis. Upaya mengeksplorasi potensi alam tampak pula di beberapa titik lain seperti Pantai Pandawa, Padang-Padang, Jimbaran, serta beberapa hidden beach lainnya.

 

Pembukaan Pantai Pandawa

Ketika tim Vakantie mengunjungi Pantai Pandawa di Desa Kutuh Kabupaten Badung akhir Oktober lalu, pantai ini tampak betul-betul sedang berbenah. Sisa-sisa pembangunan terasa dimana-mana. Memang,diakui bahwa pembukaan pantai ini tidak hanya menelan biaya banyak, melainkan juga waktu dan tenaga yang luar biasa. Pekerjaan berat terutama terletak pada proses penggalian gunung kapur di sepanjang satu kilometeryang dimaksudkan sebagai jalan utama menuju destinasi. Jalur inipun kemudian menjadi nilai lebih yang membedakan Pantai Pandawa dengan destinasi pantai-pantai lainnya.

Dahulu, nama pantai ini adalah Kutuh, sesuai dengan nama daerahnya. Namun, nama Kutuh diubah menjadi Pandawa pada tahun 2012, sebagai nama bagian dari eksplorasi pariwisata. Pandawa seperti yang kita ketahui adalah tokoh epos Mahabharata yang berjumlah lima orang dan semuanya adalah laki-laki. Sebagai sosok, kelima tokoh ini diposisikan sebagai protagonis yang senantiasa melawan kejahatan di muka bumi. Dan hubungan antara kelima tokoh ini hanya disinggung sepintas lalu dengan sejarah dari warga sekitar Pantai Pandawa. Artinya penamaan itu tidak sekuat misalnya Pantai Kuta atau Legian yang lebih terkait dengan sejarah nama tempat, atau Pantai Parangtritis di Yogyakarta yang dari namanya pun lekat dengan legenda dan asal usulnya.

Kenyataan demikian bermaksud bahwa penamaan Pandawa dibuat lebih bersifat arbitrer atau mana suka. Artinya, penamaan Pandawa lebih menggunakan pertimbangan naluri dan kesadaran pariwisata, terutama aspek komersial melalui pencitraan sisi positif dari tokoh Mahabharata. Manifestasi dari pandawa sebagai nama pantai pun sekadar tampak dengan terpajangnya patung kelima tokoh tersebut pada dinding tebing kapur di jalan menuju pantai. Patung-patung ini masih terlihat baru tertatah dan merupakan sumbangan dari pejabat maupun seniman setempat.

Menariknya, untuk mengesahkan dan mempromosikan Pandawa sebagai nama pantai dilakukan dengan cara-cara serius seperti mengundang tokoh-tokoh serial televisi Mahabharata. Hingga pementasan wayang dan kirab budaya yang menggunakan patung pandawa sebagai ornamen utama festival.Cara itu terbukti berhasil. Kini, Pantai Pandawa telah terbangun sebagai destinasi dengan image sesuai yang direncanakan. Ribuan foto dan video telah ter-upload, para agen tour di berbagai tempat pun telah mencantumkan di daftar promosi agenda pikniknya.

Awla Akbar

Check Also

Bekasi Keren Punya Tari Ronggeng Beken

Lumpia digoreng pake telor ke cikarang ngebonceng niken… sebelumnya ronggeng menor sekarang ronggeng beken… baju …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.