Breaking News
Home / Trivia / Culinary / Pedas Menagih Ala Ayam Taliwang
ayam taliwang
Menu ayam taliwang

Pedas Menagih Ala Ayam Taliwang

Masyarakat umum telah mengenal makanan khas Lombok dengan bumbu pedasnya. Pedas bukan hanya didapat dari cabai saja, tetapi juga rempah-rempah. Tak terkecuali yang satu ini, ayam taliwang.

Kuliner dari ayam kampung ini, biasanya disajikan dengan digoreng atau dibakar. Saya selalu suka dengan makanan yang dibakar. Ini karena rasanya lebih gurih dan sedap. Ayam yang sudah matang dibakar hingga bumbunya merasuk ke dalam. Pembakaran menggunakan minyak merah, sehingga warna dan aroma yang keluar dari ayam tersebut menggiurkan.

Layaknya menu penyetan, ayam ini nikmat disantap

makan dengan nasi hangat, lalapan mentimun, kubis, daun kemangi, dan sambal. Sambal yang disajikan pun tidak sembarangan. Bukan sambal mentah, matang, bajak, atau bawang yang sering ditemui di warung penyetan lainnya. Ada racikan khusus khas Lombok yang membuat rasa dan tekstur sambalnya berbeda. Dugaan saya, mungkin ada ketumbar di dalamnya.

Perlu serat? Soal sayuran, ayam taliwang punya dua pendamping selain lalapan. Ada plecing kangkung dan beberuk. Plecing kangkung adalah kangkung yang direbus dengan tauge dan irisan kacang panjang. Kemudian diberi taburan kacang goreng dan serundeng, lalu dicampur dengan sambal tomat yang asam. Meski begitu, rasanya amat segar, apalagi dengan kandungan air dari sayuran yang direbus tersebut.

Check Also

Suasana malam kudus

Malam Kudus di Kota Kudus

Banyak orang mengenal Kota Kudus karena industri kreteknya yang terkenal. Pabrik- pabrik besar skala nasional …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.