Breaking News
Tarian massal ini diikuti pula oleh Sekda dan Dandim Bekasi, pemilik Prima Trade Mall, serta para tamu undangan.

Bekasi Keren Punya Tari Ronggeng Beken

Lumpia digoreng pake telor

ke cikarang ngebonceng niken…

sebelumnya ronggeng menor

sekarang ronggeng beken…

baju paksi dari tomang dibeliin kemaren

…bekasi Emang keren

vakantie.id Masa di penghujung kemarau ini memang terasa sangat menyengat si wilayah bagian utara Baghasasi (Bekasi). Namun teriknya cuaca tak menyurutkan langkah para warganya menyaksikan sebuah perhelatan tentang sebuah semangat berkebudayaan yang bermartabat.

Seperti yang dikatakan seorang pendidik dan feminis dari Swedia, Ellen Key, pendidikan bisa memberi Anda keahlian, tetapi pendidikan budaya mampu memberi Anda martabat.

Parade fashion dari daur ulang sampah, yang dibawakan oleh siswa-siswi SMU/SMK dengan dekorasi unik, di mana di tengah-tengahnya diarak ekor kain aneka motif batik khas Bekasi (naga, tugu, manggis, bambu, kecapi, dandang, teratai) sepanjang 22 m.

Bekasi selama ini menjadi bahan candaan netizen, baik cuacanya, kemacetannya, bau sampah yang menyengat, jalanan yang rusak, dan sebagainya. Selain itu, kawasan penyangga ini terancam lebur identitasnya oleh dominasi dan masifnya Jakarta sebagai produsen budaya yang dominan.

Demi memperlihatkan karakter dan menjaga orisinalitas budayanya, Bekasi coba menjawabnya di acara Gema Nusa Art Festival yang diselenggarakan pada 23-24 November 2019. Apalagi Bekasi, atau Baghasasi merupakan bekas ibukota kerajaan besar pertama di Jawa, Tarumanegara.

Pagi hari buta tanggal 24 November 2019, deru motor melewati stadion kebanggaan warga Bekasi, Patriot Chandrabaga yang gagah. Kita serasa dibawa kembali melihat kemegahan kerajaan Tarumanegara di masa lampau. Kekaguman ini membawa saya menuju lokasi perhelatan Gema Nusa Patriot (GNP) Art Festival yang berlokasi di Prima Trademall Bekasi.

Setiba di lokasi saya langsung disuguhi atraksi tarian massal dari ribuan penari cantik dari tingkat pendidikan TK, SD, SMP, dan mahasiswa yang berasal dari Bekasi, Cikarang, Depok bahkan Karawang untuk menyajikan tari Ronggeng Beken yang diiringi gamelan Sunda dari SMPN 21 bekasi.

Tarian ini lebih spesial dengan 2019 penari, menyesuaikan dengan angka tahun ini. Tahun lalu, tarian yang disajikan adalah tari Ronggeng Menor dengan melibatkan 1500 penari. Tari Ronggeng Beken merupakan istilah yang digagas penggiat GNP untuk mempermudah mengingat jargon Bekasi keren disingkat Beken.

Check Also

Kenduren Wonosalam_Kegiatan ekonomi durian

vakantie.id – Ritual Kenduren”Kegiatan Ekonomi Durian” wonosalam ini di laksanakan di lapangan olahraga Wonosalam. Wonosalam …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.