Breaking News
Home / Trivia / Sensory / Malam Kudus di Kota Kudus
Suasana malam kudus
Suasana malam kudus di kudus

Malam Kudus di Kota Kudus

Banyak orang mengenal Kota Kudus karena industri kreteknya yang terkenal. Pabrik- pabrik besar skala nasional bercokol di kota ini. Selain itu, kota Kudus dikenal berkat jejak napak tilas sunan Kudus yang identik dengan Islamisme. Namun tidak banyak yang mengetahui tentang kerukunan umat beragama yang kental di kota ini. Kami menemukan atmosfir yang berbeda dari hal ini, karena menjadi sebuah keunikan tersendiri merayakan malam paskah yang kudus di Kota Kudus.

Sebagian besar masyarakat kudus memeluk agama Islam, namun ada sebagian kecil kelompok masyarakat yang memeluk agama di luar Islam, salah satunya adalah kelompok umat Kristiani. Perbedaan keyakinan di Kota Kudus, bukan menjadi alasan untuk tidak saling menghargai. Kerukunan beragama ini dapat dilihat dari terjalinnya koordinasi untuk saling membantu dalam pelaksanaan kegiatan-kegiatan agama baik umat Muslim maupun Umat Kristiani.

Menjadi minoritas di kota Kudus tidak menghalangi umat kristiani untuk melakukan kegiatan peribadatan sesuai dengan keyakinannya. Salah satu contohnya dapat dilihat dari pelaksanaan serentetan rangkaian acara menjelang perayaan Ekaristi malam Paskah pada 30 Maret 2013. Sejak acara Minggu Palma, Kamis Putih, Jumat Agung, Sabtu Suci dan Minggu Paskah, umat Kristiani melaksanakannya dengan khidmat. Bentuk kerukunan antar umat beragama yang terlihat dari kerjasama dan komunikasi antara umat Muslim dan Kristiani untuk menyukseskan acara tersebut.

Tepat pada pukul empat sore kami menginjakkan kaki di Kota Kudus, dan beristirahat sejenak di halaman masjid agung Kudus. Setelah mengetahui letak satu-satunya gereja Katolik di kota Kudus, kemudian kami bersiap-siap untuk mengikuti acara perayaan Ekaristi Malam Paskah di gereja St. Yohanes Evangelis kota Kudus yang diselenggarakan pada pukul tujuh malam.

Check Also

ayam taliwang

Pedas Menagih Ala Ayam Taliwang

Masyarakat umum telah mengenal makanan khas Lombok dengan bumbu pedasnya. Pedas bukan hanya didapat dari …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.