Breaking News
Home / Trivia / Culinary / Rahasia dibalik Kelezatan Ikan Mujair Bumbu Kedisan
ikan mujair
Ikan Mujair Bumbu Kedisan

Rahasia dibalik Kelezatan Ikan Mujair Bumbu Kedisan

“Aroma semangkuk ikan mujair bumbu kedisan begitu menggugah selera makan. Ikan mujair berada tepat di tengah, digenangi kuah berwarna kuning kental dengan taburan irisan cabai di atasnya. Maka, siapa yang tak tergoda saat kelezatan itu disajikan di depan mata?

Bangli merupakan satu-satunya Kabupaten di Bali yang tidak memiliki laut. Namun, Bangli memiliki Danau Batur yang luas dengan hasil tangkapan ikan mujairnya yang melimpah. Suhu air danau yang sejuk menjadi habitat sempurna bagi perkembangbiakkan ikan mujair dengan kualitas wahid. Sehingga tidak heran bila di sepanjang jalan di Bangli, banyak dijumpai makanan dari olahan ikan mujair.

Adalah restoran Apung Kedisan milik Wayan Rena Wardana (70), satu-satunya di sekitar Danau Batur yang menawarkan bale atau pendopo di tengah danau. Rahasia kelezatan makanan tidak hanya dari rasa, tetapi juga suasana di sekitarnya. Bersama istrinya, Nyoman Sudarmi (68), Rena sebagai seorang pensiunan Hakim, mulai merintis usahanya sejak 2006. Berangkat dari hobinya menyantap makanan olahan ikan, Rena membuka bisnisnya di Desa Kedisan, Kecamatan Kintamani, Bangli.

Resto Apung Kedisan

Tempat ini memiliki cottage-cottage mungil yang dilengkapi kolam renang di depannya. Nampak beberapa tamu menginap di sana. Tidak hanya mencari kuliner ikan mujair, namun bagi beberapa orang yang saya jumpai, mereka memilih menginap di sana karena Batur menawarkan sensasi liburan yang berbeda dari bagian Bali yang lain. Seluruh bagian yang ada di resto apung ini mengambang di atas Danau Batur. Rena memang melakukan reklamasi di beberapa bagian Danau Batur.

Check Also

Suasana malam kudus

Malam Kudus di Kota Kudus

Banyak orang mengenal Kota Kudus karena industri kreteknya yang terkenal. Pabrik- pabrik besar skala nasional …