Breaking News
Home / Destinations / The Sunset of Banyuwangi

The Sunset of Banyuwangi

Sunrise of Java telah membuka gerbang bagi kami yang datang di kota ini. Cerita-cerita di balik segarnya angin fajar telah mewaranai coretan sana-sini. Gambar nelayan, penambang, matahari, dan pulau seberang kian lingsir ditelan semburat maha raya.

            Terangnya Banyuwangi hari ini akan berakhir sebentar lagi. Lenyap bersama pasir putih yang berderet sepanjang 3 km. Tenggelam di antara bukit Pulau Mustaka, Pulau Manuk, dan Pulau Bedil. Dan memudar di perairan bergelombang Samudera Hindia.

            Sunset of Banyuwangi yang sempurna di Pulau Merah. Akhir dari cerita kami di negeri Balmbangan. Matahari turun ke panorama alam yang begitu landai. Warnanya merah kejingga-jinggaan. Seolah larut dalam beningnya air laut. Menyulap gradasi warna pasir putih, biru air laut, dan hijau perbukitan sore tadi. Luar biasa indahnya.

            Pantai Pulau Merah, Banyuwangi. Lokasi wisata baru yang sedang manis dibicarakan orang. Jaraknya cukup jauh, sekitar 80 km dari Kota Banyuwangi.Tepatnya di sisi selatan kabupaten. Berada di antara Taman Nasional Alas Purwodan Taman Nasional Meru Betiri. Berhadapan langsung dengan Samudera Hindia.

            Pantai indah di bawah Kaki Gunung Tumpang pitu ini menyudahi kelelahan tim kami. Dalam tiga hari telah merabas gunung, hutan, dan perkampungan budaya membuat kami betul-betul lunglai. Di sinilah kami mengadukannya kepada Sang Pencipta. Duduk lepas di pasir putih, menghadap ke laut lepas, dan menikmati nyiur angin laut.

            Di bibir pantai, anak-anak sedang berenang mengikuti arus ombak. Mereka menjulurkan papan selancar kebanggaannya. Ombak besar datang, dinaikinya lalu meluncurlah mereka laksana elang yang sedang menyisir pantai.

            Di arah lain, terlihat pemuda-pemudi yang sedang riang berlarian. Melintasi pasir putih dengan latarbelakang bukit hijau setinggi 200 meter. Bukit itulah yang bernama Pulau Merah. Jaraknya hanya 300 meter dari bibir pantai. Bisa disentuh jika air laut sedang surut. Di sana juga terdapat sebuah pura yang biasa digunakan oleh umat Hindu untuk upacara Mekiyis.

            Pantai panjang ini terletak di Desa Sumberagung, Kecamatan Pesanggaran, Banyuwangi Selatan. Lokasi pantai mudah diakses karena jalan yang sudah teraspal. Masyarakat sekitar yang tinggal di sekitar pantai juga ramah. Mereka membuka warung-warung kecil dan membersihkan areal pantai setiap harinya. Rerimbunan pohon bakau yang berderet di sepanjang pantai, juga pohon-pohon besar yang tumbuh menambah asri tempat ini.

            Kami menyaksikannya. Sebuah atraksi alam yang sempurna. Menutup semua kegetiran dihari-hari sebelumnya. Setelah melihat kisah-kisah mengejutkan demi rupiah. Sesudah melihat sekelompok satwa yang perlu dilindungi. Dan sebentar lagi matahari benar-benar tertutup, tertutup sudah kisah perjalanan di negeri luar biasa ini.

 

 

Check Also

Rujak Soto Cita Rasa Banyuwangi

Matahari pagi mulai merekah, suasana pusat Kota Banyuwangi nampak makin ramai. Hilir mudik pengendara jelas …

3 comments

  1. Too perfect discription…thanks for information & knowledge

  2. Mo langganan majalah vakantie gimana bos???

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.